h1

Gebong dan Pencucinya

Januari 2, 2012

Ada yang penah lihat orang yang mencuci gerbong kereta api? Mungkin diantara kalian ada yang pernah melihat mereka… Ya, mereka yang saya maksud pencuci gerbong kereta api. Ada beberapa orang yang berpikiran bahwa mereka jijik, mereka hanyalah petugas kebersihan yang hanya sekedar mencari nafkah. Namun adakah yang pernah berfikir bahwa mereka Super Hero??? Cobalah anda bayangkan apabila tidak ada pencuci gerbong kereta api! Apa yang akan terjadi, transportasi kereta kita akan terlihat kotor dan tidak terawat, dan karena merekalah kereta menjadi bersih..

Ada yang pernah membayangkan bagaimana mereka mencuci kereta?
Mereka haruslah bekerja dengan resiko yang sangat tinggi.. mereka harus mencuci kereta dengan kondisi depo yang sangatlah kotor yang setiap relnya digenagi oleh air kotor yang dan berlumut, belum lagi begitu banyak sampah yang tersebar dimana-mana adapula sampah seperti pecahan beling.

Ada pembagian tugas dalam mencuci gerbong. Mereka di bagi berdasarkan tugas mereka, contohnya para pencuci gerbong di depo penyimpanan dan pencucian kerta api di stasiun Jakarta Gudang. Terdapat 12 pencuci gerbong yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 3 orang perempuan , 6 orang laki-laki diantaranya bertugas mencuci gerbong bagian luar, 2 laki-laki bertugas mengepel bagian lantai kereta, satu laki-laki diantaranya membersihkan bagian kamar mandi dalam gerbong. Sedangkan 2 orang perempuan bertugas membersihkan kaca kereta dan satu perempuan membersihkan bagian kamargading kereta.

Banyak orang yang mengatakan bahwa pencuci gerbong diberikan upah sesuai dengan seberapa banyak gerbong yang di cuci. Ada yang bilang satu gerbongnya mereka di bayar Rp 1.800,00/gerbong, Rp 2.000,00/gerbong dan sebagainya… Namun, pernyataan tersebut salah!!!!!!! Para pencuci gerbong pada umumnya di berikan upah per bulan. Rp 650.000,00/bulan untuk bagian luar dan Rp 450.000,00/bulan untuk bagian dalam. WAWWW.. Terlihanya mereka kaya… Haruslah kita bandingkan kembali dengan apa yang mereka telah kerjakan.. Apakah upah yang mereka dapatkan sebanding dengan apa yang merka kerjakan???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: